Sejarah berdirinya SENKOM MITRA POLRI


I. Sejarah berdirinya SENKOM MITRA POLRI

Berawal dari pelatihan kader pemuda mitra Kamtibmas tingkat Nasional Angkatan II tahun 2006 Generasi Muda Trikora dan Senkom Mitra Polri bertempat di Gedung Yayasan Minhajurrosyidin, Lubang Buaya Jakarta Timur, Tanggal 28 – 30 Januari 2006, yang diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa provinsi.
Dari hasil pelatihan tersebut di atas selalu ada komunikasi dengan kepengurusan Senkom Mitra Polri Pusat di Jakarta,

II. Visi dan Misi

Pembinaan dan koordinasi pengamanan swakarsa bertujuan menemukan latar belakang atau bentuk permasalahan dan pemecahannya. Sebagaiamana di maksud dalam pasal 14 ayat 1 huruf F Undang-undang No 2 tahun 2002 yaitu POLRI bertugas melakukan koordinasi pengamanan dan pembinaan teknis terhadap kepolisian khusus, Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan bentuk-bentuk Pamswakarsa. Penyuluhan dan bimbingan terhadap komunitas masyarakat akan lebih maksimal apabila di jembatani oleh tokoh masyarakat setempat yang implementasinya berupa dukungan dalam bentuk kegiatan dari setiap tokoh masyarakat terhadap komunitasnya.


Senkom Mitra Polri adalah gabungan warga masyarakat yang dengan sukarela dan sadar akan pentingnya situasi aman dan kondusif di lingkungan masing-masing pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Bali merupakan daerah tempat kunjungan wisata baik domestik maupun manca Negara dengan karakteristik sosial dan budaya yang religius, dengan kekerabatan yang sangat kental sehingga pelaksanaan adat tertata dengan rapi, sehingga pulau Bali menjadi harapan bagi masyarakat setempat dan pendatang untuk mengais rejeki, dimana dalam pelaksanaannya masyarakat pendatang, masih ada yang belum memahami adat dan budaya Bali sehingga sering terjadi kesalahpahaman dengan masyarakat adat.

Menyikapi hal tersebut di atas SENKOM selaku wadah masyarakat khususnya di Provinsi Bali didominasi oleh tokoh masyarakat pendatang sehingga diharapakan dapat menjembatani antara masyarakat Adat dengan masyarakat pendatang yang ada di Bali. Sehingga diperlukan pembinaan baik masyarakat adat maupun masyarakat pendatang agar memahami Kamtibmas dengan tujuan sadar terhadap hukum serta adat istiadat Bali.

a. VISI

Membantu terciptanya situasi yang kondusif , aman dan tertib dalam bermasyarakat.

b. Misi

Membantu tugas-tugas Polri dalam melindungi dan melayani masyarakat

III. Program Kerja

a. Program Kerja Jangka Pendek

i. Sosialisasi Senkom kepada tokoh masyarakat.

ii. Penyuluhan terhadap masyarakat pendatang tentang Kamtibmas

iii. Pelatihan perangkat komunikasi bagi anggota Senkom Mitra Polri Provinsi Bali

iv. Membantu tugas-tugas Polri dibidang Kamtibmas

b. Program Kerja Jangka Panjang

i. Mewujudkan masyarakat sadar hukum dan berperan serta dalam Polmas

ii. Membantu tugas-tugas Polri dibidang Kamtibmas
Next: SUSUNAN PENGURUS SENKOM.

Join us :
SENKOM MITRA POLRI, MABES POLRI, TNI AL, TNI AD, TNI AU, KOPERASI NASIONAL TRIKORA, POKDAR, RAPI, ORARI, METRO JAYA, ABRI, POLRI, RESKRIM, DENSUS 88, BOLA, MAJALAH, KORAN, BULLETIN.

Sumber : Generus313.blogspot.com

0 Response to "Sejarah berdirinya SENKOM MITRA POLRI"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme